Manfaat Cuci Tangan Bagi Kesehatan

MANFAAT CUCI TANGAN BAGI KESEHATAN

Informasi Kesehatan | Cuci tangan mungkin suatu pekerjaan yang mungkin bagi sebagian banyak orang adalah suatu pekerjaan yang sepele, sehingga terkadang dan bahkan kita sering mengabaikannya. Sering kita mengingatkan anggota keluarga untuk membiasakan mencuci tangan terutama kepada “si kecil”.
“Nak… sudahkan cuci tangan sebelum makan?!”, pertanyaan itu sering kita lontarkan kepada buah hati kita, karena mereka biasanya lupa apabila tidak kita ingatkan.
Mungkin kegiatan cuci tangan adalah suatu pekerjaan yang ringan tapi ketahuilah bahwa mempunyai efek manfaat yang sangat besar karena penyakit yang berbahaya dapat dicegah melalui kegiatan mencuci tangan.


SUMBER PENYAKIT

Mengapa tangan perlu dicuci?? Kenapa bukan anggota tubuh yang lain?? Pertanyaan itu kadang-kadang muncul dalam benak kita. Tangan merupakan bagian anggota tubuh kita yang mempunyai “mobilitas” tinggi. Tapi yang lebih membuat tangan begitu istimewa adalah karena mempunyai frekuensi tinggi dalam bersentuhan dengan benda-benda atau barang disekitar tubuh.
Tangan merupakan salah satu penghantar utama masuknya kuman/mikroba penyebab penyakit sedangkan mulut dan hidung merupakan jembatan masuknya benda-benda, bakteri & virus ke dalam tubuh, bakteri/mikroba tersebut masuknya dapat melalui makanan dan minuman yang menempel ditangan kita, atau bahkan secara sengaja atau tidak sengaja tangan bersentuhan dengan mulut dan hidung kita sendiri.
Tentu keadaan tangan tidak selalu dalam kondisi bersih/steril karena seringnya menyentuh atau memegang benda/barang, misalnya; memegang telepon, bersalaman, memegang hewan peliharaan, habis berkebun, main diluar rumah, membersihkan selokan, menutup bersin/flu dengan tangan dan masih banyak pekerjaan yang dilakukan oleh sepasang tangan kita. Celakanya, anak kecil amat suka memegang berbagai benda bahkan memasukkan tangan atau benda apa saja ke dalam mulut mungilnya karena pengetahuan dan kesadarannya masih kurang.
Setelah melakukan berbagai macam “aktifitasnya” tangan merupakan tempat berkumpulnya berbagai macam baktei, kuman/mikroba penyebab penyakit. Berbagai macam penyakit yang bisa ditimbulkan oleh kuman/mikroba yang menempel ditangan antara lain; virus influenza yang menyebabkan influenza/flu, virus H5N1 yang menyebabkan flu burung, virus H1N1 penyebab flu babi, flu burung dan flu babi adlah jenis flu yang sangat berbahaya dan mematikan!, selain itu meningitis, virus hepatitis penyebab penyakit hepatitis A, C (gangguan hati), penyakit kulit, gangguan usus dan diare. Diare merupakan penyakit yang sering muncul karena kebiasaan cuci tangan yang jelek, terutama pada anak-anak yang menderita diare akut sering berujung pada kematian.
Perlu Anda ketahui bahwa jika tangan manusia menyentuh tinja, maka akan terkontaminasi dengan lebih dari 10 juta virus dan satu juta bakteri yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.
Jadi, jangan ada kompromi!!!, cuci tangan secara benar dengan menggunakan sabun, sangat besar manfaatnya demi menjaga kesehatan diri, keluarga dan bahkan nyawa si kecil.

FREKUENSI CUCI TANGAN

Sebaiknya kita melakukan cuci tangan sesering mungkin!! Terutama pada saat Anda sedang terkena flu sehingga penularan virus influenza dapat dicegah dan mempercepat penyembuhan.
Setiap sebelum dan sesudah melakukan suatu pekerjaan, terutama yang kira-kira menjadi tempat hidup/habitat kuman/mikroba, dianjurkan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun.
Sekali lagi, jangan anggap remeh manfaat dahsyat mencuci tangan. Jangan pernah bosan pula mengingatkan anak untuk melakukannya, termasuk memberi contoh pada si kecil. Hanya dengan sekian detik mengorbankan waktu untuk cuci tangan, kita tak perlu buang-buang waktu (dan uang) karena harus terbaring di rumah sakit.

KEGIATAN YANG HARUS CUCI TANGAN PAKAI SABUN
  1. Sebelum dan sesudah menyiapkan makanan/masakan. Ini dapat mengurangi risiko terkena atau menyebarkan bakteri yang menyebabkan makanan beracun. Cuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah mengolah masakan dari jenis unggas, telur mentah, daging, atau seafood
  2. Sebelum dan sesudah makan
  3. Sesudah buang air kecil/besar
  4. Sesudah mengganti popok/menceboki si kecil
  5. Sebelum memegang si kecil
  6. Setelah melakukan aktifitas; memegang hewan peliharaan, mencari rumput, membersihkan selokan, memegang barang/benda-benda yang kotor, dll

CARA TEPAT & CEPAT CUCI TANGAN
  1. Letakkan tangan dibawah air bersih yang mengalir (disarankan)
  2. Bilas tangan dengan air yang mengalir tersebut
  3. Gosok tangan dengan sabun sampai berbusa, bersihkan bagian pergelangan tangan, punggung tangan, sela-sela jari, dan kuku
  4. Bilas dengan air sampai bersih
  5. Keringkan dengan kain/lap yang bersih
 Terimkasih telah berkunjung, semoga dapat bermanfaat


    Related Posts:

    0 Response to "Manfaat Cuci Tangan Bagi Kesehatan"

    Posting Komentar