Apa Itu Virus Ebola? Dan Apa Gejalanya?

Apakah Anda pernah mendengar kata kata virus ebola? Lalu apa itu virus ebola?. Ingin mengetahuinya silakan simak pembahasannya dibawah ini.

Apa itu virus ebola?



Penyakit virus ebola atau yang bisa disebut sebagai demam berdarah ebola yaitu suatu jenis penyakit yang saat ini sedang marak terjadi di beberapa benua seperti Afrika yang disebabkan oleh suatu virus yang dikenal sebagai virus ebola.




Seseorang yang terkena penyakit ini akan mengalami sakit kepala, demam berlebihan, nyeri pada beberapa otot, serta sakit tenggorokan. Dan biasanya setelah seseorang mengalami gejala diatas maka akan diikuti oleh gejala selanjutnya yaitu mual-mual, muntah-muntah, dan juga diare serta kadang pada beberapa kasus terjadi proses pendarahan.

Gejala penyakit ebola


Kalian sudah tahu kan apa itu ebola?. Jika sudah mari kita bahas gejalanya.

Baca juga: apa penyebab telat datang bulan

Penyakit yang satu ini mempunyai masa inkubasi atau masa saat efeknya terasa antara 2-21 hari. Akan tetapi rata-rata terjadi antara 4 hingga 10 hari.

Gejala yang timbul ialah yang pertama demam. Demam ini diikuti dengan suhu lebih dari 38° C. Tak hanya itu biasanya penderita juga diare, sakit kepala, sakit tenggorokan, sesak nafas, dada nyeri dan sakit, sakit perut, mual, muntah-muntah, flu, badan lemas seketika, tidak nafsu makan sama sekali, serta nyeri pada otot dan pergelangan maupun sendi.

Penyebaran Virus Ebola

Virus ebola ini menular melalui darah dan juga cairan tubuh hewan (terutama monyet, babi dan kelelawar). Dan orang juga bisa menjadi perantara lewat jalur hubungan seksual.

Maka dari periksakan Anda ke rumah sakit untuk segera mengetahui terkena penyakit ini atau tidak. Hal inii berguna untuk menimalisir penularan virus ebola.

Pencegahan


Pencegahan penyakit ini dengan cara sering melakukan pemeriksaan dan pengawasan terhadap hewan penyebar virus seperti monyet dan babi. Selain itu pemusnahan hewan yang terkena virus tersebut harus sesegera mungkin dilakukan guna tidak terjadi banyak penularan.

Selain itu perlu memasak daging secara benar dan harus sampai matang secara sempurna. Hal ini untuk mencegah penularan. Dan juga saat mencuci daging apapun itu gunakanlah sarung tangan karet.

Untuk saat ini belum ada pengobatan yang secara khusus untuk menangani hewan ini. Karena bagaimanapun pencegahan lebih baik daripada mengobati bukan?.

Penyakit ebola ini memiliki risiko kematian yang tinggi loh. Karena sebanyak 50-90% orang yang sudah terkena infeksi oleh virus ebola mengalami kematian.

Untuk itu sesegera mungkin Indonesia mengatasi hal seperti ini.

Itula pembahasan mengenai apa itu virus ebola, semoga dapat menjadi referensi bagi diri Anda.

Dan jangan lupa selalu kunjungi blog ini ya!. Untuk dapatkan semua info tentang kesehatan.

Related Posts:

0 Response to "Apa Itu Virus Ebola? Dan Apa Gejalanya?"

Post a Comment