Apa Penyebab Keputihan Itu? Inilah Pembahasannya



Apakah Anda mengalami keputihan? Dan Anda ingin tahu apa penyebab keputihan? Jika ingin tahu silakan simak pembahasannya dibawah ini.

Apa Penyebab Keputihan?



Keputihan merupakan salah satu hal yang dialami oleh sebagian besar wanita. Karena dalam sebuah studi menyatakan bahwa lebih dari 80% wanita terkena keputihan.

Hal ini memang menjadi hal yang perlu diperhatikan, karena keputihan ini akan berdampak pada kesehatan reproduksi seorang wanita. Dan ini perlu di lakukan pencegahan dan perawatan.

Akan tetapi sebelum Anda mulai melakukan hal itu, maka ada baiknya Anda mengetahui penyebab keputihan terlebih dahulu. Ini dia pembahasannya dibawah ini.

Didalam dunia medis, keputihan biasa disebut dengan nama fluor albos. Keputihan adalah salah satu penyakit yang ditandai dengan keluarnya cairan dan kumpulan sel-sel yang keluar dari lubang kemaluan wanita.

Sebenarnya keputihan ini bertujuan untuk melindungi sekaligus membersihkan daerah kewanitaan.

Keputihan yang ditandaii dengan keluarnya cairan atau lendir berwarna kuning cetah atau agak bening dan encer ataupun kental serta tidak dirasakan gatal- gatal maupun terasa perih maka itu sangat sangat wajar saja.

Baca juga ya: Nevirapine Obat Pengendali Infeksi HIV AIDS

Akan tetapi apabila disertai perih dan gatal akibat infeksi oleh virus, parasit, bakteri dan jamur maka itu perlu Anda khawatir dan langsung saja konsultasikan ke dokter secara langsung.

Inilah penyebab keputihan yang perlu Anda waspadai.

1. Infeksi oleh jamur


Penyebab keputihan yang pertama adalah disebabkan oleh infeksi akibat jamur. Jenis jamur yang menyerang ialah dari Kandidosis vulvovaginalis.
Hal yang dirasakan dari ini adalah rasa panas, sangat gatal, panas membakar, dan nyeri. Warna putih agak kekuningan yang berbentuk gumpal gumpalan.

2. Bakteri


Bakteri memang hal yang sangat mendomunasi terjadinya infeksi saat keputihan. Jenis bakteri itu ialah bakterial vaginosis. Hal yang dirasakan adalah rasa panas, gatal serta perih. Cairannya encer, agak amis, serta bau busuk yang sangat tidak mengenakkan. Hal ini juga mengakibatkan cairan menstruasi ikut bau busuk.

3. Parasit


Parasit atau trikomoniasis juga berpengaruh terhadap keputihan loh!. Hal ini sering ditandai dengan pendarahan walaupun tidak sedang datang bulan. Selain itu juga setelah saat berhubungan seksual juga biasanya akan berdarah.

Cairan yang dikeluarkan akibat ini yaitu kental, berbau, berbusa dan berwana putih agak kehijauan. Dan yang dirasakan berupa nyeri saat cairan itu keluar.

Apa penyebab keputihan selanjutnya?....

4. Iritasi


Penyebab selanjutnya adalah iritasi yang mungkin disebabkan oleh parfum, krim, cairan semprot, dan bahan kimia lain yang menyebabkan alergi dan iritasi.

Hal yang menandainnya yaitu kemerah merahan sekitar kemaluan, gatal, perih, seperti terbakar serta nyeri.

Cairan yang keluar berwarna kuning keputihan, encer atau kental serta lebih banyak yang keluar.

Itulah pembahasan mengenai apa penyebab keputihan yang semoga bermanfaat bagi Anda semuanya yang sedang membutuhkan informasi ini.
Semoga mampu menjadi referensi tentang penyakit keputihan ini ya!.

Related Posts:

0 Response to "Apa Penyebab Keputihan Itu? Inilah Pembahasannya"

Post a Comment