Apa Penyebab Mimisan Itu? Inilah Sebabnya

Apakah Anda sedang mimisan dan bertanya tanya apa penyebab mimisan itu. Apakah Anda ingin tahu?. Jika ingin ayo lets go simak langsung pembahasannya dibawah ini.

Apa penyebab Mimisan Itu?



Pernahkah Anda mengalami mimisan?. Apakah yang kalian rasakan? Tak enak bukan?. Sudah hidung merasa perih dan sakit, kepala pusing, bahkan demam bukan. Maka dari itu ayo kita sama sama cari tahu apa sih sebenarnya penyebab dari penyakit itu.




Mimisan atau dalam bahasa medis disebut dengan epistaksin ialah salah satu pendarahan yang keluar lewat hidung akibat beberapa hal. Penyebab keluarnya darah saat mimisan disebabkan oleh lepasnya lapisan mukosa yang mengandung saluran pembuluh darah, sehingga darah akan keluar melalui hidung.

Mimisan ini tidak mengenal umur, baik bayi, anak-anak, remaja, maupun dewasa hingga tua akan terkena penyakit ini, dan juga tidak mengenal gender yang artinya baik laki-laki maupun perempuan semuanya bisa terkena penyakit ini.

Banyak orang yang menganggap bahwa mimisan ini disebabkan karena adanya suatu penyakit serius pada seseorang, padahal hal ini tidaklah mesti demikian halnya. Karena hal yang satu ini juga bisa disebabkan oleh beberapa hal yang lainnya.

Inilah beberapa hal penyebab mimisan.

1. Influenza


Penyebab mimisan yang pertama adalah influenza atau yang biasa kita sebut dengan flu.

Disaat Anda terkena flu bisa jadi salah satu penyebab terkena mimisan loh. Hal ini apabila Anda membuang lendir dari hidung terlalu keras dan cepat sehingga ada lapisan yang robek maka darahpun akan keluar.

Maka dari itu buanglah lendir saat pilek sewajarnya saja, jangan terlalu keras, misal masih mampet dan sulit keluar ya biarkan saja dulu tunggu hingga encer.

2. Pendarahan Di Otak


Orang yang mengalami pendarahan diotak sebagian besar pasti akan terkena mimisan. Hal ini justru dialami disaat seseorang sudah mau sembuh dari penyakit pendarahan diotaknya. Maka darahpun akan keluar dari hidung disertai rasa perih dan sakit.

3. Tumor angiofibroma


Salah satu yang menyebabkan Anda terkena mimisan ini yaitu tumor angiofibroma.

"Apakah tumor angiofibroma itu?."

Yaitu tumor yang berada dalam rongga hidung. Tumor ini dapat menyerang anak-anak hingga dewasa. Tumor jenis ini berwarna putih dan berukuran sebesar jempol kaki orang dewasa di hidung.

Baca juga: Penyebab Sariawan Yang Anda Tidak Tahu

Hal ini pastinya akan menjadi hal untuk keluarnya darah dari dalam hidung.

4. Alergi pada benda tertentu


Seseorang yang alergi berat pada sesuatu benda atau aroma makanan maka berisiko akan mimisan jika berada didekat benda itu.

Salah satu bentuk yang menyebabkan itu terjadi ialah disebabkan karena terbukanya pembuluh kapiler pada saluran hidung sehingga menyebabkan darah keluar.

Maka dari itu bagi Anda yang alergi terhadap sesuatu, hindarkanlah diri Anda dari sesuatu benda tersebut agar tidak terjadi mimisan.

5. Tekanan darah tinggi


Tekanan darah yang tinggi itu akan menyebabkan Anda menderita seperti itu. Hal ini terutama terjadi pada orang yang sudah 40 tahun keatas serta pada ibu ibu hamil.

Untuk menghindari efek dari mimisan ini pada bayinya maka sesegera mungkin periksakan diri Anda ke dokter. Sehinga Anda bisa memastikan bahwa itu telah aman aman saja.

6. Penyakit lain


Gejala penyakit seperti gagar otak, leukimia atau kanker darah, sinus, tumor dan lainnya juga bisa berisiko terkena mimisan. Apalagi jika itu penyakit letaknya didalam kepala Anda. Hal itu bukanlah hal yang aneh lagi jika terjadi.

Maka dari itu apabila Anda merasa bahwa kepala sering pusing serta mimisan disertai mutah mutah segera langsung saja periksakan kedokter pribadi Anda.

7. Panas berlebih


Suhu panas yang berlebihan juga beresiko terkena hal ini. Disaat suhu tempat Anda semakin panas bahkan melebihi batas ambang normal, maka ini akan menyebabkan pada sekitar hidung Anda mengering akibat kelembaban sangat berkurang. Ini sangat beresiko.

Hal ini akan menyebabkan iritasi pada hidung Anda lalu akan keluar darah yang disebut dengan mimisan.

Ya itulah pembahasan mengenai apa penyebab mimisan yang mungkin Anda sedang cari tahu. Semoga ini dapat menambah pengetahuan Anda tentang kesehatan.
Kunjungi terus blog ini ya!.

Related Posts:

0 Response to "Apa Penyebab Mimisan Itu? Inilah Sebabnya"

Post a Comment