Apa Penyebab Telat Datang Bulan? Ini Jawabanya

Apakah Anda sedang mengalami telat datang bulan?. Lalu apakah Anda bertanya-tanya apa penyebab telat datang bulan?. Jika ingin tahu silakan langsung saja simak pembahasannya.

Apa penyebab telat datang bulan itu?


Telat haid adalah salah satu hak yang disebabkan oleh sesuatu hal.

Banyak faktor yang mempengaruhi seseorang telat datang bulan. Akan tetapi banyak yang berprasangka bahwa hal itu adalah tanda bahwa wanita itu akan hamil. Tapi tidaklah mesti demikian halnya. Jadi untuk mengetuhui apa saja penyebab wanita telat menstruasi, silakan simak pembahasannya dibawah ini.




Datang bulan atau menstruasi merupakan hal yang wajar wajar saja. Karena hal ini merupakan cara tubuh untuk memperaiapkan kehamilannya. Apabila telur tidak dibuahi, maka yang terjadi dinding rahim akan luruh sehingga mengeluarkan darah dan ini memang kadang terasa sakit.

Baca juga: apa penyebab kista

Lalu apabila telur dibuahi maka akan terjadi proses pembuahan dan kehamilan dan selama masa itu tidak terjadi datang bulan.

Inilah hal yang menyebabkan Anda terlambat datang bulan:

1. Kehamilan


Ya, hamil merupakan salah satu hal yang paling pertama dituduhkan kepada wanita yang terlambat datang bulan. Wanita yang hamil karena dalam rahimnya menyimpan anak maka ini tidak akan terjadi haid.
Jadi jika Anda telat datang bulan, periksakan ke dokter ya apakah kalian itu hamil.

2. Sedang sakit


Orang yang sedang sakit juga bisa mengalami telat datang bulan. Karena mungkin sistem kerja tubuh agak terganggu.
Akan tetapi apabila sakitnya sudah sembuh kembali, maka haid pun akan berjalan dengan normal kembali.

3. Stres


Tingkat stres yang tinggi juga mampu mempengaruhi hal ini lho ya!. Disaat Wanita sedang mengalami stres, pikiran berat, kecemasan, tekanan, galau maka akan memproduksi hormon GnRH yang akan menyebabkan wanita tidak hamil.
Maka dari seringlah beribadah, relaksasi, meditasi dan menenangkan pikiran agar Anda terhindar dari stres.

4. Kerja terlalu berat


Misal Anda tidak biasa melakukan kerja yang seberat itu lalu Anda melakukannya itu maka hal itu dapat menjadi hal yang menghambat sirkulasi haid Anda.
Mungkin Anda baru masuk kerja, perpindahan jam kerja, lembur dan kerja yang lebih banyak maka hal itu pun akan menimpa kepada Anda.

5. Mengonsumsi obat


Mengonsumsi berbagai obat obatan juga mampu mempengaruhi kelancaran siklus haid Anda. Obat yang mampu mempengaruhi hal ini adalah obat gatal dan obat sakit telinga.

6. Menopause


Menopause merupakan kondisi dimana wanita tidak akan haid lagi. Hal ini biasanya jika telah berumur 50 tahun keatas. Dan masing masing orang tidak sama.

7. Obesitas


Obesitas atau kegemukan juga merupakan salah satu faktor penyebab telat datang bulan loh ya. Karena saat Anda gemuk biasanya banyak hormon yang mempengaruhi hal ini. Sehingga bermasalah bagi haid Anda.

Itulah pembahasan mengenai apa penyebab telat datang bulan. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Kunjungi lagi blog ini ya!.

Related Posts:

0 Response to "Apa Penyebab Telat Datang Bulan? Ini Jawabanya"

Post a Comment