Apakah Penyebab Anemia Defisiensi Zat Besi

Apakah kalian mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah? Hal itu bisa berisiko bagi kesehatan kita loh apabila terus dibiarkan. Lalu mungkin Anda bertanya tentang apakah penyebab anemia defisiensi itu? Untuk mengetahui apa penyebab penyakit anemia silakan simak pembahasannya dibawah ini.

Anemia adalah suatu gejala yang timbul akibat kekurangan sel darah merah. Hal yang bisa menyembuhkan anemia adalah salah satunya banyak makan makanan yang mengandung protein dan juga zat besi.




Sebenarnya penyebab dari penyakit ini banyak sekali dipengaruhi oleh faktor faktor yang saling berkaitan. Akan tetapi dibawah ini saya akan membahasnya dalam beberapa hal. Silakan simak ya!.

Apakah penyebab anemia defisiensi?



Penyakit anemia ini dapat disebabkan oleh beberapa hal yaitu:

1. Kekurangan Nutrisi


Ini merupakan salah satu penyebab paling umum terjadi oleh kita semua. Kebiasaan kita yang terlalu pilih memilih dalam hal mengonsumsi makanan justru akan membuat kita kekurangan nutrisi. Untuk itu variasikanlah makanan yang Anda konsumsi sehingga Anda benar benar mendapatkan gizi yang seimbang.

Simak juga ya: apakah penyebab bayi kuning

Apabila Anda mengalami anemia defisiensi, maka Anda dapat memakan makanan yang mengandung protein tinggi dan juga zat besi yang tinggi. Anda bisa mencoba makan makanan seperti daging kambing, susu, telur, sayur sayuran seperti sayur bayam dan sayur daun singkong.

Apabila Anda mampu mengombinasikan berbagai makanan maka Anda dapat terpenuhi kebutuhan nutrisi tubuh harian. Dan juga jangan makan buah dan sayur yang mampu menurunkan sel darah merah ya seperti timun.

2. Talasemia


Talasemia adalah suatu penyakit yang timbul secara genetik atau turun temurun dimana penderita memiliki Hb (hemoglobin) atau sel darah merah yang lebih rendah daripada orang normal.

Maka dari inilah diperlukan adanya perbaikan regenerasi genetik sehingga keturunan Anda semakin lama semakin membaik serta tidak mengidap talasemia ini.

Perawatan berkala ke dokter harus segera Anda lakukan apabila Anda memang sejak kecil memiliki penyakit anemia yang tidak kunjung sembuh sembuh hingga saat ini.

3. Haid


Haid merupakan salah satu penyebab yang perlu Anda salahkan disaat Anda mengalami anemia.

Apabila terjadi pendarahan diatas normal saat menstruasi atau yang disebut sebagai menorrhagia ini maka lama kelamaan darah Anda banyak yang terkuras keluar sehingga Anda membutuhkan suplemen zat besi untuk mengembalikan sel-sel darah merah yang hilang.

Apabila terus terjadi pendarahan yang tak kunjung berhenti sampai lebih dari 3 minggu usahakan segera periksakan ke rumah sakit agar segera mendapatkan perawatan.

4. Cacing


Keberadaan cacing didalam perut juga perlu Anda perhatikan. Cacing terutama cacing tambang akan mengendap diusus halus manusia. Hal ini akan menyerap semua nutrisi dan gizi dari makanan yang Anda konsumsi.

Cara kerja cacing tambang ini adalah dengan cara menyerap pada dinding usus halus Anda lalu akan mencerna sel-sel darah merah. Hal ini mampu membuat usus Anda terluka dan sulit diobati.

Apabila ini terjadi infeksi dan dibiarkan terus menerus maka hal ini menyebabkan badan menjadi kurus kering tak bertenaga. Jadi waspadai ini ya karena tidak terlihat gejalanya.

5. Masa hamil


Apa penyebab anemia pada ibu hamil?
Dimasa masa kehamilan, anemia juga sering sekali terjadi. Hal ini dikarenakan kebutuhan zat besi dan nutrisi lainnya meningkat akan tetapi tidak diimbangi dengan konsumsinya.

Maka dari itu banyak wanita yang membutuhkan suplemen penambah darah untuk mengatasii hal ini.

Dimasa selanjutnya apabila janin sudah semakin membesar dan membesar maka kebutuhan ini juga terus meningkat karena banyaknya nutrisi yang dibutuhkan oleh si janin tadi.

Selain itu pendarahan yang timbul disaat melahirkan juga bisa menimbulkan anemia defisiensi zat besi.

Itulah pembahasan singkat mengenai apakah penyebab anemia defisiensi yang semoga menjadi solusi bagi Anda yang sedang mencari solusi ini. Dan semoga pembahasan kali ini tidak menjadikan Anda bosan untuk mampir lagi diblog saya ini.

Thanks bro and sis!

Related Posts:

0 Response to "Apakah Penyebab Anemia Defisiensi Zat Besi"

Post a Comment