Apakah Penyebab Bayi Kuning? Simak Pembahasannya



Apakah Anda baru saja memiliki buah hati?. Lalu Anda menemukan sebuah perbedaan dan bertanya tanya apakah penyebab bayi kuning itu? Maka dari itu jika ingin menemukan jawabannya maka silakan ikuti pembahasannya dan simak dengan sangat baik-baik ya!.

Faktor yang menyebabkan bayi menjadi kuning (ikterus) adalah karena adanya pigmen dalam tubuhnya yang mendominasi yaitu bilirubin.

Perlu Anda ketahui bahwa masing masing orang itu memiliki pigmen bilirubin ini. Setiap jangka wakfi tertentu sel darah merah akan dirombak menjadi zat bilirubin (berwarna biru) yang akhirnya setelah diproses kembali maka akan menjadi berwarna kuning.

Apakah penyebab bayi berwarna kuning



Organ yang berfungsi untuk menguraikan sel sel darah merah yang telah mati ini adalah hati. Sebenernya ini sebelum diubah menjadi zat warna kuning yang akan menjadi zat warna pada feses dan urin (air kencing) Anda, akan disimpan terlebih dahulu dalam kantung yang dinamakan empedu.

Empedu ini juga merupakan kumpulan dari berbagai racun dalam tubuh, maka dari itu rasanya benar benar sangat pahit.

Bayi yang belum lahir ke muka bumi alias masih dalam kandungan sang ibu maka proses ini akan dilakukan oleh hati ibu. Semuanya diatur oleh hati ibu mulai dari perombakan sel darah merah, menetralisir racun hingga membuangnya juga masih numpang di dalam tubuh ibu.

Akan tetapi apabila sudah terlahir maka semuanya sudah mandiri. Hati pun akan melakukan fungsinya sesuai apa yang telah ditugaskan. Akan tetapi perkembangan organ hati pada masa bayi baru lahir belum begitu sempurna sehingga hal ini akan menyebabkan proses ini pun berjalan tidak abnormal.

Hal ini akan mengakibatkan penumpukan pigmen bilirubin dan akan terurai keseluruh bagian tubuh termasuk darah sehingga darah akan menjadi agak kekuning kuningan yang hal ini juga mengakibatkan kulit bayi menjadi kuning. Dan inilah penyebab bayi berwarna kuning.

Ikterus atau warna kuning pada bayi juga bisa disebabkan oleh ketidakpaduan antara golongan darah sanga bayi dan sang ibu. Selain itu juga bisa diakibatkan oleh adanya kesalahan fungsi organ sehingga terjadi produksi bilirubin yang berlebihan dan juga terjadi gangguam pada masalah pengeluaran bilirubin ini.

Bayi yang lahir muda memiliki tingkat terkena kuning semacam ini lebih tinggi apabila dibandingkan dengan bayi yang lahir normal yaitu dalam artian lahir tepat pada saatnya yaitu 9 bulan lebih.

Bayi kuning berapa lama?



Kadar bilirubin akan normal kembali pada saat bayi telah berumur antara 3 hingga 5 hari. Saat umur ini organ yang bernama hati telah mampu melaksanakan tugasnya dengan baik.

"Apabila kadar bilirubin pada bayi sangat tinggi (hiperbilirubinemia) dapat mengakibatkan gejala yang buruk yaitu kerusakan sistem syaraf pusat dan jika fatal akan mengakibatkan kematian".

Apabila bayi telah berumur sampai 5 hari akan tetapi belum normal, maka hal ini segera periksakan ke dokter karena dikhawatirkan akan terjadi hal yang tidak diinginkan pada bayi kesayangan Anda.

Simak juga nih: cara mengatasi anyang anyangan

Cara mengatasi bayi kuning



Cara mengatasi bayi yang kuning yaitu dengan cara:

*. Sering menjemurnya
*. Beri ASI

Pada pagi hari sekitar pukul 6 - 9 usahakan agar bayi dijemur sambil dijaga agar jangan silau terkena cahaya matahari. Hal ini lakukanlah antara 30 menit hingga 1 jam. Dan jangan dijemur apabila sudah melebihi jam 9 karena justru buruk terhadap kesehatan bayi.

Selanjutnya Anda harus mempercepat frekuensi pemberian ASI yaitu antara 10 hingga 12 kali dalam sehari. Dan pastikan bahwa dia juga meminum ASI tersebut tidak hanya ngenyot saja. Jadi bayi kuning asi nya juga harus cepat bukan malah bayi kuning karena ASI lho ya!.

Anda juga harus memeriksakannya ke dokter atau bidan. Hal ini bertujuan agar bayi Anda selalu mendapatkan perawatan sebelum hal buruk terjadi.

Itulah pembahasan mengenai apakah penyebab bayi kuning yang semoga bermanfaat bagi Anda semua yang sedang membutuhkan informasi ini.

Good luck

Related Posts:

0 Response to "Apakah Penyebab Bayi Kuning? Simak Pembahasannya"

Post a Comment