Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Dalam 5 Menit

Halo semua... apakah Anda sedang flu dan mencari cara untuk mengatasi hidung tersumbat?. Jika ya maka Anda menemukan artikel yang tepat karena ini akan membahas tentang itu.

Cara mengatasi hidung tersumbat



Hidung tersumbat memang sangat menjengkelkan. Apalagi disaat Anda hendak tidur. Mau miring kekanan mampet yang kanan, miring ke kiri mampet yang kiri mau menghadap ke atas atau tengkurap mampet dua duanya. Hadeehh sangat menjengkelkan bukan?.




Maka dari itu saya disini akan memberikan tips agar hidung tidak mampet saat tidur. Semoga Anda bisa menerapkan semua hal dibawah inni sehingga Anda lebih merasa nyaman lagi.

Perlu Anda ketahui bahwa hidung yang mampet alias tersumbat itu penyebabnya adalah lendir yang berada didalam rongga hidung yang bisa timbul akibat berbagai hal seperti alergi terhadap suatu benda, influenza, atau juga bisa disebabkan karena adanya hal hal lain yang mempengaruhi terjadinya keluarnya lendir.

Baca juga: Cara mengatasi susah tidur

Lendir ini tidak habis begitu saja saat Anda keluarkan. Akan tetapi lendir ini akan terus menerus keluar. Hal inilah yang akan mempengaruhi sistim pernafasan Anda.

Rasanya sesak nafas bukan?. Mau berbuat apa rasanya tidak karuan. Susah ngomong, dan juga menjadi lebih psimis.

Maka dari itu Anda harus mengetahui tentang cara mengatasi hidung tersumbat yang membuat lendir tidak diproduksi lagi dan mengering. Ingin tahu seperti apa?. Silakan simak pembahasannya dibawah ini.

1. Makan makanan pedas


Yang pertama untuk mengatasii hidung tersumbat adalah dengan cara makan makanan yang mengandung cabai. Mungkin berbagai makanan khas padang yang memiliki ciri khas dan cita rasa yang mempunyai rasa pedas maka bisa Anda coba mengomsumsinya.

Makanan yang mengandung zat capsaisin akan membuat lendir yang berada dihidung Anda akan lebih encer. Sehingga hidung Anda lebih terasa longgar.

2. Minum air hangat


Minum air hangat juga bisa Anda coba untuk mengatasi hal semacam ini. Minum air yang hangat hangat kuku akan membuat sirkulasi tubuh Anda lebih lancar. Selain itu juga membuat suhu dalam tubuh Anda lebih stabil.

Selain itu minum air hangat juga mampu membuat peredaran Anda lebih lancar lagi. Dan juga hiruplah uap air panas yang ada sehingga hal ini mampu membuat hidung tidak tersumbat lagi.

3. Mandi air panas


Mandi air yang agak panas juga dapat Anda coba. Berendamlah selama ¼ jam di bathub sambil mengaliri air hangat dengan shower ke kepala Anda.

Dan juga gunakanlah sabun yang mengandung aroma therapy yang mampu membuat Anda lebih rileks lagi. Hal ini tentunya sangat menyenangkan dan mengasyikkan. Anda pun akan betah berlama lama dikamar mandi jika seperti ini. Apalagi ini bermanfaat bagi Anda bukan?.

4. Hirup aroma minyak kayu putih


Anda bisa mencoba cara yang satu ini. Caranya adalah tuangkan minyak kayu putih ke telapak tangan Anda, lalu gosokkan kedua telapak tangan Anda. Hiruplah aroma minyak kayu putih.

Selain itu Anda juga bisa menggosokanya ke tenggorokan Anda dan ke punggung maupun dada. Hal ini berfungsi untuk mencegah dan mengatasi Anda merasa sesak nafas akibat flu.

5. Minum wedang jahe


Rasa hangat yang ditimbulkan dari minuman jahe mampu membuat lendir Anda menjadi encer sehingga merasa lebih *plong*.
Anda dapat meminum segelas air jahe hangat sambil menikmati apa yang sedang Anda lakukan. Hal ini mampu membuat mu merasa lebih baik.

6. Minum teh hangat


Mungkin Anda tidak menemukan sari jahe dirumah Anda untuk dibuat minuman. Akan tetapi selain jahe juga dapat menggunakan minuman teh untuk mengatasi hidung tersumbat. Caranya tinggal seduh dengan air panas lalu setelah agak berkurang panasnya segera diminum.

Usahakan agar tidak memakai gula. Karena gula justru akan membuat bakteri semakin berkembang.

7. Minum obat


Minumlah obat yang mampu membuat Anda merasa lebih tenang dan mampu mengencerkan serta mengeringkan lendir. Hal ini tentunya harus sesuai dengan aturan dan dosis yang ada. Atau kalau ingin mudahnya Anda bisa pergi ke dokter lalu Anda ikuti itu sarannya. Kan pastinya lebih aman dan lebih mudah walaupun agak sedikit mahal.

Itulah 7 cara mengatasi hidung tersumbat yang ampuh dan mudah Anda praktikan. Semoga Anda lekas sembuh dari hidung mampet ya!.
Thanks.

Related Posts:

0 Response to "Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Dalam 5 Menit"

Post a Comment