Cara Menghindari Diare Keracunan Makanan Saat Lebaran

Disaat hari lebaran seperti ini pastinya tak bisa dilepaskan dari acara makan makan. Semua makanan dipastikan ada dari yang makanan tradisional hingga makanan junk food atau makanan cepat saji.




Karena itulah kadang banyak sekali kuman dan juga virus yang ikut bergabung dan berkembang tak seperti biasanya. Sehingga memungkinkan bagi Anda terserang diare bahkan keracunan makanan.

Kualitas bahan pangan yang tak memenuhi kriteria standar kesehatan pangan serta cara memasaknya itulah merupakan penyebab utama seseorang akan keracunan atau diare disaat hari raya lebaran.

Maka dari itu saya disini akan memberikan solusi tentang cara mengatasi diare saat lebaran. Apasajakah itu?. Mari simak pembahasannya dibawah ini.

Cara menghindari diare saat lebaran


Ini ada 4 kriteria yang perlu Anda perhatikan agar tidak keracunan saat banyak makan dihari lebaran.

1. Bahan utama pangan
Yang pertama dan utama untuk Anda perhatikan yaitu bahan dasar dari panganan. Bahan yang digunakan haruslah aman dan tentunya tak mengngandung zat berbahaya. Hal ini perlu Anda perhatikan disaat berbelanja, Anda haruslah mendapatkan makanan yang aman, higenis, bersih dan tentunya segar atau fresh.

2. Tempat masak
Anda harus mempunyai tempat pengelolaan makanan yang baik dan bersih. Maka dari itu sanitasi dan perawatan kebersihan setiap waktunya merupakan hal yang sangat diperhatikan.

3. Alat masak
Selain kedua hal diatas, alat masak juga perlu diperhatikan. Masalahnya kuman dan berbagai virus justru banyak terdapat di perlatan masak dan juga alat makan. Untuk itu cucilah peralatan dengan pencuci yang mampu membersihkan secara higenis. Dan selalu cuci setiap kali digunakan.

Baca juga: Awas! Banyak Kuman Bertebaran Lewat Jabatan Tangan

4. Koki
Koki atau juru masak juga sangat perlu diperhatikan. Sehat tidaknya makanan itu bergantung pada yang memasaknya. Apabila si tukang masak selalu menjaga kesehatan makanan maka makananpun akan sehat. Dan sebaliknya apabila koki itu jorok, maka makanan yang dibuatnya juga tak sehat. Untuk itu tukang masak selain mengedepankan rasa juga harus mengedepankan kebersihan makanan.

Jika Anda mampu melakukan ke-4 hal diatas, maka Anda pun akan sehat dan tak akan terkena keracunan makanan maupun diare lagi. Sehingga Anda harus memperhatikan 4 hal diatas.

Semoga bermanfaat!.

Related Posts:

0 Response to "Cara Menghindari Diare Keracunan Makanan Saat Lebaran"

Post a Comment