Penyebab Sariawan Yang Anda Tidak Tahu

Mungkin Anda sedang terkan sariawan dan ingin tahu apakah penyebab sariawan itu. Maka dari itu silakan simak terus pembahasannya ya!.

Penyebab sariawan Yang Sering Anda alami



Sariawan merupakan salah satu masalah yang terjadi dimulut Anda. Mulai dari pipi bagian dalam, langit-langit mulut, bibir, dan tentunya lidah. Semua itu akan memberikan efek perih dan sakit pada bagian yang terkena tersebut.

Dikarenakan bagian yang terkena yaitu bagian mulut sebagai tempat mengonsumsi makanan maka hal ini akan menyebabkan Anda menjadi susah makan karena dibawa makan saja juga sakit. Sehingga tubuh Anda pun akan lemas.




"Lalu apa sih sebenarnya yang menyebabkan sariawan itu?".

Didalam ilmu medis, sariawan ini dikenal dengan nama stomatitis aphtous recurrent. Yang diakibatka oleh perubahan jumlah struktur sel pada bagian dalam mulut seseorang.

Penyebab sariawan itu sebenarnya tidak hanya berdasarkan 1 faktor saja, melainkan berasal dari banyak faktor yang berpengaruh. Ingin tahu apasajakah itu?. Silakan simak pembahasannya dibawah ini!.

Salah satu penyebab sering sariawan adalah karena faktor hormon. Hormon ini sama seperti yang aktif disaat masa masa pubertas. Perubahan hormon yang terjadi didalam tubuh kita akan menyebabkan perubahan sistem kerja tubuh kita yang itu juga karena dipengaruhi oleh faktor psikologis.

Contohnya adalah saat Anda stres maka perubahan zat asam dalam tubuh akan terjadi, dan hal inipun akan mempengaruhi sistim kerja tubuh salah satunya adalah pada bagian mulut ini. Sehingga terjadi sariawan.

Selain itu ada penyebab lainnya, yaitu

*. Kurang konsumsi vitamin C
*. Sering gigit bibir
*. Terlalu keras menggosok gigi
*. Makan makanan yang panas dan keras
*. Kurangnya cairan tubuh
*. Kurang makan yang mengandung asam
*. Kebersihan mulut yang tidak terawat
*. Memakai pasta gigi yang tidak cocok
*. Memiliki masalah pada sistim pencernaan
*. Kurang berolahraga
*. Jantung lemah
*. Kurangnya berbagai nutrisi terutama zat besi

Sebenarnya dari sekian banyak penyebab sariawan seperti diatas, yang paling berpengaruh adalah karena 2 hal, yaitu kurangnya vitamin C dan kurangnya cairan tubuh. Hal itu merupakan penyebab utama mengapa Anda terkena sariawan.

Baca juga dong: Penyebab Kenapa Kepala Sering Pusing Yang Sebenarnya

Kekurangan vitamin C mengakibatkan kulit mudah terkelupas karena sel pelindung pada kulit menjadi lemah dan mudah hilang. Inilah alasan kenapa sering sariawan. Anda tidak mau makan buah-buahan dan sayuran yang banyak mengandung vitamin C.

Selain itu vitamin C akan meningkatkan daya tahan tubuh Anda, sehingga bakteri dan virus tidak menyerang Anda, salah satunya ya sariawan ini. Dengan banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung cukup akan kebutuhan vitamin C nya seperti buah buahan yang mengandung asam, maka Anda pun akan terhindar dari penyakit ini.

Selain itu kekurangan air juga memicu timbulnya sariawan. Hal yang paling jelas dirasakan adalah bibir kering dan pecah-pecah. Yang jika tidak diatasi ini dapat menyebabkan luka serius.

Air bersifat memberikan apa yang dibutuhkan pada setiap sel-sel tubuh kita. Sehingga kulit menjadi sehat dan tidak kering.

Maka dari itu minumlah 8 gelas air sehari atau lebih untuk menghindari diri Anda dari penyakit yang satu ini. Dan usahakan minum air putih jangan banyak minum manis terutama sirup. Karena itu justru tidak baik bagi kesehatan Anda.

Ya itulah penyebab sariawan yang sering muncul di mulut Anda. Maka jika Anda melakukan tips sederhana diatas maka sariawan pun akan lenyap pada mulut Anda. Dan semoga bermanfaat.

Related Posts:

0 Response to "Penyebab Sariawan Yang Anda Tidak Tahu"

Post a Comment