Efek Negatif Berendam Air Es Setelah Berolahraga



Cryotherapy atau bisa kuga disebut dengan mandi air es setelah latihan fisik, dipercaya sebagai cara yang efektif untuk memulihkan nyeri otot. Akan tetapi dalam sebuah studi terbaru justru menyatakan fakta sebaliknya

Apakah berendam air es setelah berolahraga itu berbahaya



Dalam Sebuah studi terbaru, yang dilakukan peneliti dari Queensland University of Technology dan University of Queensland menyatakan bahwa cryotherapy ini bukan hanya tak efektif, tapi juga akan memibulkan perkembangan otot menjadi terhambat.

Mandi air es setelah melakukan aktivitas fisik dapat berbahaya bagi tubuh yaitu mampu membuat berkurang massa ototnya.

dr. Roberts juga menambahkan bahwa ia dan juga timnya belum mengetahui secara pasti mengapa efeknya seperti itu. Namun, sejauh ini dapat disimpulkan bahwa pengurangan aliran darah di otot merupakan salah satu penyebabnya.

dr. Roberts dengan timnya merekrut 21 orang pria yang aktif latihan fisik dan diminta untuk berpartisipasi dalam rangkaian latihan sebanyak 2 kali seminggu selama rentang waktu 3 bulan. Setelah selesai latihan, setengah dari peserta mandi dengan air es selama 10 menit, sementara setengahnya diminta untuk melakukan pendinginan dengan cara bersepeda.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sekelompok pria yang melakukan pendinginan dengan cara bersepeda mengalami peningkatan massa otot yang lebih besar, dibandingkan dengan kelompok pria yang mandi dengan air es.

Hal ini merupakan studi yang paling komprehensif. Hasilnya yaitu menunjukkan bahwa para atlet harus mempertimbangkan kembali dalam menggunakan air es sebagai bantuan pemulihan pasca latihan fisik.

Jadi mandi air es setelah berolahraga itu tidak baik ya... Jangan lupa baca juga: Apakah Masker Melindungi Dari Polusi Udara? Simak Pembahasannya

Related Posts:

0 Response to "Efek Negatif Berendam Air Es Setelah Berolahraga"

Post a Comment