Tips Mengatasi Rasa Sakit Ketika Datang Bulan

Tips Mengatasi Rasa Sakit Ketika Datang Bulan - Ini dia tamu rutin para wanita dewasa. Datang bulan atau lebih dikenal dengan nama haid atau menstruasi adalah keadaan dimana ovum-ovum yang tidak dibuahi selama sebulan akan dikeluarkan oleh tubuh. Proses pengeluaran ovum-ovum tersebut tentunya dapat menyehatkan tubuh wanita jika prosesnya berjalan dengan normal. Namun, jika proses tersebut ada sedikit gangguan seperti nyeri, maka si wanita akan mengalami kesakitan yang sangat bahkan sampai pingsan. Tetapi, jika pada saat menstruasi Anda hanya merasakan nyeri saja, hal tersebut dianggap wajar karena menstruasi biasanya akan menyebabkan nyeri pada penderitanya. Nah, jika Anda merasa terganggu dengan rasa nyeri ketika haid, ada beberapa tips mengatasi rasa sakit ketika datang bulan.
mengatasi nyeri datang bulan

mengatasi rasa sakit ketika datang bulan pertama, mengkonsumsi makanan sehat. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan ketika Anda merasakan nyeri saat tamu bulanan datang yaitu dengan memakan buah dan sayur. Buah dan sayur sangat bermanfaat bagi wanita yang sedang mengalami haid karena antioksidan yang dikandungnya akan membuat nyeri yang Anda rasakan akan cepat reda. Tak hanya itu saja, Anda juga perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung protein supaya saat haid Anda tidak lemas dan nyeri tersebut tidak akan membuat Anda pingsan.

Mengobati rasa sakit ketika datang bulan yang kedua, mengompres perut. Kompres perut adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan ketika nyeri haid datang di hidup Anda. Tentunya, jika nyeri tersebut tak kunjung Anda atasi, maka Anda tidak bisa melakukan rutinitas Anda seperti biasa. Untuk itu, alangkah baiknya Anda mengompres perut dan punggung bagian bawah agar nyeri haid agar berkurang. Diharapkan dengan kompresan air hangat tersebut, perut akan sedikit rileks dan nyeri juga akan sedikit teratasi. Paling tidak, Anda bisa mengompres perut Anda tiga kali sehari agar Anda bisa beraktivitas dengan lancar tanpa hambatan.

Tips mengatasi rasa sakit ketika datang bulan yang ketiga, berbaring. Mungkin, cara ini sudah banyak dilakukan oleh para wanita yang mengalami rasa nyeri ketika datang bulan. Tetapi, terkadang cara ini tidak begitu ampuh meredakan sakit yang dideritanya. Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara berbaring yang tepat untuk meredakan sakit pada saat haid. Caranya, Anda bisa membaringkan tubuh di kasur atau sofa sampai nyeri pada punggung reda. Anda bisa menggunakan bantal untuk menyangga punggung dan lutut agar lebih rileks. Setelah itu, ambil nafas secara perlahan-lahan sampai nyeri Anda terkurangi.

Mengatasi nyeri haid ketika datang bulan yang keempat, memijat perut. Pijatan pada perut ketika haid dikatakan dapat membantu Anda meredakan sakit yang Anda rasakan ketika datang bulan. Tentunya, tak boleh asal memijat supaya tidak membahayakan perut Anda. Cara memijat perut ketika haid, Anda bisa memijat perut bagian bawah sampai pinggang secara perlahan. Cubit-cubit bagian perut hingga nyeri sedikit reda. Jika nyeri masih tetap menyerang, Anda perlu menambah pijatan pada bagian otot-otot pusat dan tulang kering dari atas sampai ke bawah sampai nyeri benar-benar teratasi.

Yang kelima adalah olahraga. Ketika Anda sedang mengalami menstruasi, alangkah baiknya Anda tetap rutin berolahraga agar tubuh Anda tetap sehat. Olahraga yang Anda pilih tidak perlu olahraga yang membutuhkan banyak tenaga, tetapi Anda bisa memilih olahraga yang membutuhkan sedikit tenaga, seperti jogging dan yoga. Diharapkan dengan olahraga secara rutin, nyeri haid akan menghilang dari tubuh Anda karena peredaran darah dalam tubuh berjalan dengan lancar. Nyeri biasanya disebabkan oleh peredaran tubuh yang tidak lancar. Jadi, ketika Anda melakukan olahraga saat haid secara teratur, pastilah nyeri tak akan Anda rasakan bukan?

Terakhir, mengkonsumsi jamu. Mungkin, bagi sebagian orang mengkonsumsi jamu adalah kebiasaan yang jadul yang hanya pantas dilakukan oleh orang-orang tua saja. Tetapi, obat tinggalan nenek moyang ini ternyata mendatangkan manfaat juga bagi orang yang sedang haid. Wanita yang mengalami datang bulan biasanya akan mengalami nyeri yang begitu dahsyat. Namun, nenek moyang kita biasanya menggunakan bahan alami, seperti kunyit untuk meredakan nyeri haid tersebut. Jadi, tak ada salahnya Anda mencoba ramuan tradisional dari kunyit untuk mengatasi nyeri haid yang Anda derita. Siapa tahu jamu ini bisa menghilangkan nyeri secara seketika jika diminum secara rutin. Semoga informasi tentang tips mengatasi rasa sakit ketika datang bulandi atas bermanfaat bagi para pembaca dan nantikan tips kesehatan wantia lainnya hanya di blog ini.

Related Posts:

0 Response to "Tips Mengatasi Rasa Sakit Ketika Datang Bulan"

Posting Komentar