Penjelasan Terlengkap Mengenai Sakit Mata Menular

Sakit mata menular adalah suatu penyakit mata yang dapat ditularkan dari satu orang kepada orang lain. Bagi sebagian orang ada yang percaya jika penyakit mata itu bisa menular karena diakibatkan karena virus ataupun oleh bakteri, dan sebagian orang lain tidak percaya dengan penyakit mata menular.

Jika Anda disaat ini sedang mengalami sakit mata, maka Anda menemukan blog yang tepat karena disini saya akan berikan sebuah tips mengenai
cara mengobati sakit mata menular.

Apa sih sakit mata menular itu?.



Sebenarnya untuk mengobati sakit mata menular itu cukup mudah dilakukan, akan tapi yang pertama harus Anda lakukan adalah bahwa Anda harus tahu dulu apakah penyebab dari sakit mata menular itu sendiri.

Berbincang bincang mengenai penyakit mata menular itu menurut saya hanyalah suatu kebetulan semata, karena semua yang ada didunia ini sudah ada yang mengatur dan itu semua telah ditentukan dari Tuhan.

Maka dari itu jika Anda saat di suatu tempat, entah itu dirumah, kampus, atau dilingkungan tertentu mengetahui teman anda sedang mengalami sakit mata, maka Anda jangan sekali-kali menjauhi karena bisa-bisa menyebabkan teman Anda menjadi sakit hati dan nantinya akan membenci Anda.

Percayalah terhadap ketetapan Sang Pencipta, karena semua itu sudah ada yang mengaturnya, kalaupun kita saat sakit ya pasti sakit bukan entah itu apapun penyebabnya.

Saat kondisi cuaca tidak menentu atau didalam masa peralihan yang baru saja panas hujan lagi apalagi ditambah angin yang lebat, maka penyakit akan sangat mudah untuk menular dan menyebabar serta berkembang biak. Salah satunya adalah penyakit pink eye atau dal istilah umum disebut penyakit konjungtivitis atau dalam bahasa daerah saya yaitu Jawa yaitu penyakit belek atau belekan.

Penyakit mata ini, walau tak terlalu serius, akan tapi sangat mudah sekali untuk menular. Penyebabnya ialah iritasi pada lapisan konjungtiva yaitu yang membatasi kelopak mata dan melindungi pada permukaan bola mata.

Iritasi ini diakibatkan oleh keberadaan virus dan juga bakteri yang bersifat menular. Gejala dari penyakit konjungtivitis ini cukup membuat kita sangat kesal dan BT serta hilang kePDan kita, yaitu selain matanya akan menjadi merah, biasanya rasa gatal dan juga perih pun akan muncul. Bahkan efeknya pada sebagian orang, rasa gatal dan perih tersebut juga bisa memicu rasa sakit kepala, mual-mual hingga muntah dan pandangan terlihat kabur.

Berbicara mengenai masalah kesehatan pada sakit mata, alangkah baiknya maka kita harus mengenali dulu apa penyebab sakit mata menular itu.

Penyakit mata itu sebetulnya banyak jenis dan namanya dan juga ada beberapa yang bisa menular maupun bersifat tidak menular.

Penyakit mata yang menular contohnya yaitu sakit mata yang disebabkan karena virus dan juga oleh bakteri. Dan apabila penyebab sakit mata itu diakibatkan oleh alergi, hal tersebut tak akan menyebabkan penyakit mata menular.




Jenis Penyakit Mata Yang Menular dan Tidak Menular



1. Miopi



Miopi ini termasuk jenis penyakit
mata yang tidak menular.
Miopi yaitu apabila kondisi mata untuk melihat jarak yang jauh mengalami adanya suatu batasan ataupun menjadi tak terlihat.

Gangguan mata miopi ini termasuk kedalam kategori penyakit mata yang tak menular. Umumnya banyak diderita dan dialami oleh kalangan para pelajar. Solusinya untuk mengatasi mata miopi ini yaitu dengan cara menggunakan kaca mata cekung agar kondisi mata bisa dalam kondisi normal kembali.

Kebalikan dari miopi ini ialah hipermetropi, yaitu disaat mata tak bisa melihat benda dari jarak dekat. Solusinya ialah dengan cara menggunakan kacamata yang mempunyai lensa cembung.

2. Presbiopi



Presbiopi adalah apabila mata tidak bisa untuk melihat benda dengan yang mempunyai jarak yang jauh maupun pada jarak yang sangat dekat sekalipun. Solusi untuk mengatasi masalah penyakit mata presbiopi yaitu dengan cara memakai kacamata berlensa rangkap.

Penyakit ini pada umumnya terjadi disaat rentang usia lanjut atau lansia yaitu sekitar umur 55 tahun ke atas. Jadi apabila masih mudah terkena gangguan mata seperti ini pasti bukan karena penyakit presbiopi akan tapi gangguan yang lainnya.

3. Sakit Mata Rabun



Kondisi mata orang yang rabun sebetulnya sih bisa bisa saja untuk melihat, akan tetapi yang menjadi masalahnya yaitu obyek atau suatu benda yang sedang dilihatnya menjadi terasa tidak jelas dan biasanya tidak jelas atau bendanya menjadi dua dan samar..
Cara yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit ini jika ingin yaitu caranya dengan melakukan operasi lasik.

4. Konjungtivitis



Konjungvitis ini merupakan salah satu jenis sakit mata yang menular kepada orang lain.

Faktor yang menyebabkan dikarenakan adanya peradangan yang diakibatkan oleh infeksi pada bagian selaput yang melapisi mata kita.

Gejala yang timbul dari penyakit konjungtivitis ini ialah mata akan berwarna merah, berair, nyeri, mata terasa gatal, dan juga penglihatan mata akan menjadi kabur dan juga mata akan banyak sekali mengeluarkan kotoran.

Sakit mata menular itu lewat apa ?



Penyakit mata menular ini dapat ditularkan melalui berbagai media sepertii debu, angin, serbuk, bisa dari bulu binatang dan juga bisa disebabkan oleh asap. Tak hanya itu, pemakaian lensa kontak yang tak bersih dan juga terkontaminasi dengan virus serta bakteri.

Solusi untuk mengatasi Konjungtivitis



*. Bagi bayi



Bagi bayi yang terkena sakit mata menular ini, bisa dilakukan pengobatan dengan cara obat tetes mata atau dengan salep antibiotik tertentu yang sesuai dengan resep dan petunjuk dari dokter untuk menghilangkan bakteri yang ada pada mata.

*. Bagi orang dewasa



Untuk orang dewasa, solusi untuk mengobati sakit mata ialah dengan cara mengompres mata dengan menggunkan air hangat atau memakai obat tetes mata serta salep antibiotik sesuai resep dan petunjuk dari dokter.

Disaat Anda akan melakukan cara tersebut, maka alangkah baiknya disarankan agar mencuci tangan terlebih dahulu lalu keringkan, hal ini bertujuan untuk menjaga agar mata tak tertular lagi oleh bakteri ataupun virus serta juga supaya iritasi tak bertambah sakit.

Jangan sekali kali mencampur barang yang telah dipakai oleh Anda yang sedang terkena sakit mata dengan orang lain supaya tidak menular ke orang banyak.

5. Sakit Mata Trakoma Dapat Menular



Penyakit mata menular jenis trakoma ini penyebabnya ialah dikarenakan oleh serangan infeksi yang diakibatkan dari bakteri Chlamydia Trachomatis. Bakteri ini sangat menyukai hidup dialam dengan kondisi sanitasi buruk dan juga lingkungan yang kotor.

Seringkali penyakit mata trakoma ini menyerang terhadap anak anak.

Gejala dari penyakit mata trakoma ialah dengan ciri-ciri seperti mata merah, keluar banyak sekali kotoran dari mata, kelopak mata terlihat bengkak, dan juga akan terganggu pada kelenjar getah beningnya. Tak hanya itu, juga kornea mata akan terlihat begitu keruh.

Obat Sakit Mata Menular



Untuk solusi mengatasi dan juga mengobati sakit mata ini dilakukan dengan cara mengisolasi pada alat-alat ataupun pada benda yang pernah digunakan oleh penderita agar tidak digunakan lagi untuk orang lain. Oleskan salep tetracyclin dan juga salep erithromycin dengan interval waktu pemberian sekitar satu bulan, akan tapi tentu harus dengan pengawasan dokter.

Cara mengobati sakit mata menular sebenarnya ada beberapa macam cara yang dapat kita lakukan, ada yang menggunakan resep obat dari sang dokter dan ada pula yang menggunakan cara yang begitu alami.

Sakit mata ini tak cuma menyerang orang dewasa saja, akan tetapi kadang balita dan anak-anak pun juga ada yang terkena sakit mata ini.

Disaat kita melihat orang lain yang sedang terkena sakit mata, mungkin kadang-kadang kita akan merasakan ketakutan jika jangan-jangan sakit mata yang diderita orang tersebut akan menular pada kita, maka tak heran apabila terkadang sebagian orang berusaha untuk menjauhi dari penderita sakit mata yang menular tersebut. Dan ada pertanyaan yang muncul tentang bagaimana cara mencegah sakit mata agar tidak tertular, atau mungkin cara agar kita tidak terkena penyakit mata yang menular tersebut.

Perlu anda tahu bahwa tak semua penyakit mata itu menular. Karena sakit mata itu ada penyebabnya masing-masing.

Penyakit mata yang menular yaitu sakit mata yang diakibatkan oleh inveksi dari virus dan juga infeksi bakteri, sedangkan sakit mata karena iritasi atau karena suatu alergi itu tidak dapat menular.

Lantas bagaimana agar bisa mengetahui sakit mata yang sedang dialami oleh seseorang itu merupakan bakteri atau dari virus?

Penyakit mata yang disebabkan karena virus memiliki ciri-ciri yaitu : mata gatal, berair, kepekaan terhadap cahaya, dapat menular, dan menyebar melalui bersin dan juga batuk-batuk.

Sedangkan sakit mata yang diakibatkan oleh bakteri yang memiliki ciri-ciri yaitu : cairan mata yang kental dan pekat, berwarna kuning / kuning kehijauan disudut mata ( belekan). Di beberapa kasus, kotoran pada mata (belek) ini bisa menjadi banyak sehingga menyebabkan kelopak mata susah dibuka disaat bangun tidur karena lengket dan kering.

Penyakit mata yang diakibatkan karena bakteri ini dapat menular melalui kontak langsung dengan tangan sii penderita dari sakit mata yang sebelumnya menyentuh matanya yang sakit.

Lalu bagaimanakah cara untuk mencegah sakit mata menular tersebut?.

Pada paragraf yang sebelum-sebelumnya saya diartikel ini sudah menjelaskan tentang ciri-ciri dari sakit mata yang dapat menular. Adapun sekarang kita bahas tentang cara mencegahnya, jangan sampai kita atau keluarga kita terkena sakit mata tersebut. Karena rekasa sekali bukan?.

Berikut ini yaituq beberapa hal atau tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan agar mengurangi atau mencegah terkena sakit mata tersebut. Baca baik-baik ya!.

1. Cuci tangan anda menggunakan sabun serta air yang mengalir, sebelum dan sesudah menyentuh pada area mata.

2. Cucilah tangan setelah manghabiskan waktu anda di tempat umum.

3. Jangan sekali-kali berbagi ataupun menggunakan barang pribadi secara bersama-sama, seperti waslap, tisu, atau handuk dengan penderita.

4. Bagi si penderita, tutuplah hidung dan mulut ketika bersin ataupun saat batuk.

5. Hindarilah untuk menggosok atau menyentuh mata secara langsung dengan tangan.

6. Jangan pernah berbagi lensa kontak dengan orang lain.

7. Sebaiknya sering-sering untuk membersihkan permukaan perabotan atau alat rumah tangga yang sering anda gunakan dengan pembersih anti septic yang tepat.

8. Disaat berenang, maka sebaiknya menggunakan kaca mata untuk renang. Karena ini berfungsi untuk melindungi mata terkena air, yang ditakutkan air tersebut terdapat bakteri atau mikrooganisme lainnya yang dapat menyebabkan mata terasa sakit.

Dengan melakukan hal diatas, jika dilakukan dengan benar sangat efektif mencegah penularan penyakit mata menular yang diakibatkan virus ataupun oleh bakteri.

Pernahkah suatu saat mata Anda tiba-tiba memerah karena debu atau kelilipan (jawa: kelilipen)?

Mata merah akibat debu biasanya tak terlalu beresiko, dan menurut pengalaman saya sakit mata akibat debu ini dapat sembuh dengan sendirinya dan dalam waktu yang singkat. Dan yang awalnya mata merah akibat debu tersebut bisa berwarna putih seperti mata yang sehat pada mulanya.

Adapun jika anda ingin mengobati mata merah yang terkena debu, maka Anda bisa menggunakan cara alami seperti daun sirih atau cukup dengan mencuci menggunakan air bersih. Cara mengobati mata merah dengan daun sirih ini cukup mudah. Tinggal direbus lalu air rebusannya setelah dingin buat untuk menguras mata Anda. Maka matapun akan terasa fresh.

Cara yang saya infokan diatas itu hanya yang herbal saja, adapun jika anda menghendaki obat tetes mata silahkan anda bisa konsultasi ke dokter pribadi Anda tentang obat mata apa yang cocok buat sakit mata yang anda derita.

Konjungtivitis sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya atau bisa diatasi dengan obat tetes mata biasa. Tetapi, bagi beberapa orang, gangguan konjungtivitis justru bisa bertambah parah. Hal itu karena saat mata dalam keadaan gatal, jari-jari justru terus menerus menguceknya. Hal ini terjadi karena mereeka mungkin belum tahu bahaya mengucek mata.

Hal ini karrna jari mereka belum tentu dalam keadaan bersih, bahkan terdapat bakteri atau virus yang memperparah kondisi mata.Penularan konjungtivitis ini sangat mudah sekali. Yaitu hanya melalui kontak langsung atau menggunakan barang orang yang terkena konjungtivitis.

Misalnya penderita atau seseorang yang memiliki mata merah telah mengusap mata dan menggunakan kran. Kemudian, Anda membuka kran tersebut lalu mengucek dan membasuh mata.

Dengan cara itu virus dan bakteri tertular dari seseorang ke orang lain. Penularannya bisa melalui kontak langsung. Virus dan bakterinya sangat mudah menular sehingga para penderita konjungtivitis disarankan untuk beristirahat di rumah atau tidak melakukan kegiatan di tempat yang ramai atau umum, agar tak menulari orang lain.

Untuk menghindari gangguan mata ini sebenarnya caranya mudah-mudah saja. Yaitu selalu cuci tangan dengan sabun sebelum mengusap wajah ataupun mata. Jangan berbagi handuk wajah, riasan mata, kacamata surya ataupun lap kacamata dengan orang lain.

Bagi pengguna lensa kontak, selalu bersihkan dengan teratur. Jika pernah terinfeksi mata merah saat menggunakan lensa kontak, langsung ganti dengan yang baru.Apabila mata merah lebih dari dua hari, disertai rasa perih dan penglihatan menjadi sensitif terhadap cahaya, segera periksa ke dokter mata. Jangan menundanya, agar iritasi tidak semakin parah.

Ya itulah pembahasan lengkap mengenai sakit mata menular. Semoga dengan membahas ini saya dapat pahala karena menyebarkan ilmu, sedangkan Anda mendapatkan manfaat karena tidak tertular penyakit ini. Dan harapan kita semua adalah agar kita tidak terkena sakit mata menular. Jangan lupa baca juga ya: Dampak berendam air es setelah berolahraga

Related Posts:

0 Response to "Penjelasan Terlengkap Mengenai Sakit Mata Menular"

Post a Comment